Serunya Deburan Ombak di Pantai Glagah Indah, Kulon Progo, Yogyakarta

Pantai Glagah Indah. Dari namanya saja sudah menegaskan bahwa pantai satu ini memiliki pemandangan indah dan menarik. Namun seperti apakah keindahan Pantai Glagah Indah ini? Dan apasaja kah yang menarik di sana? Yuk kita simak dulu cerita perjalanan Tim Setapak Pesona kali ini.

Pantai Glagah Indah merupakan salah satu kawasan wisata pantai yang cukup terkenal di Yogyakarta. Pantai satu ini terletak di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Tepatnya 15 km dari Wates atau sekitar 40 km dari kota Yogyakarta. Pantai Glagah Indah ini juga merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Kulon Progo.  Karena selain memiliki pemandangan indah, pantai satu ini juga memiliki fasilitas yang memadai untuk para wisatawan yang berkunjung kesana.

Yang Menarik Dari Pantai Glagah Indah

Setelah anda memasuki kawasan Pantai Glagah Indah, anda akan disambut dengan pemandangan indah seperti sungai, tebing pemecah ombak dan juga laut yang membentang luas. Namun sebelum menuju ke kawasan utama, ada baiknya kita berkeliling terlebih dahulu menikmati tempat-tempat indah lainnya di kawasan Pantai Glagah Indah ini, salah satunya adalah kawasan laguna yang terletak di sebelah barat.
Laguna Pantai Glagah Indah
Kawasan laguna ini merupakan semacam danau kecil atau telaga yang terbentuk akibat terjebaknya ombak laut di daratan yang memiliki cekungan cukup dalam sehingga membentuk genangan air yang cukup luas seperti telaga. Kawasan laguna ini kemudian dimanfaatkan sebagai salah satu area yang menunjang daya tarik dari Pantai Glagah Indah. Di kawasan laguna ini terbagi menjadi dua bagian, di sebelah selatan laguna merupakan bagian yang dikelilingi oleh tumbuhan, sedangkan di sebelah selatan hanya berupa pasir yang ditumbuhi oleh beberapa tumbuhan pasir seperti pohon cemara, pandan dan lain-lain.
Gardu Pandang di Laguna Pantai Glagah Indah
Sebagai penunjang daya tarik, kawasan laguna ini juga disediakan beberapa fasilitas yang dapat memberikan pengalaman menarik untuk para pengunjung seperti prahu bebek, prahu sampan, dan aneka fasilitas air lainnya. Selain itu, ada juga beberapa gardu pandang yang di sediakan untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan alam di sana. Di tepian laguna ini juga terdapat beberapa warung makan yang menyediakan aneka menu menarik yang dapat memuaskan para pelanggannya dengan harga yang relatif murah namun memuaskan. Sembari menikmati menu pesanan dan pemandangan indah laguna tentunya dapat memberikan pengalaman yang menarik bagi anda di Pantai Glagah Indah ini.
Menikmati Pemandangan di Laguna Pantai Glagah Indah
Setelah puas menikmati aneka menu kuliner dan pemandangan laguna, sekarang waktunya mengajak kalian ke lokasi utama.  Dalam perjalanan menuju lokasi utama ini, anda akan di sambut oleh para penjual oleh-oleh atau souvenir yang berjejer rapi di pinggiran jalan yang sekilas terlihat seperti pasar kecil tradisional. Di sana tentunya  anda bisa memilih sendiri aneka souvenir atau oleh-oleh yang ingin anda bawa pulang.

Salah satu oleh-oleh yang menarik di Pantai Glagah Indah ini adalah Undur-undur Goreng Krispi yang dikemas secara menarik oleh para penjualnya. Undur-undur goreng krispi ini merupakan makanan ringan terbuat dari sejenis binatang laut yang sering disebut dengan  undur-undur dan digoreng krispi. Rasanya hampir mirip dengan udang, namun lebih renyah dan gurih. Bagi anda yang penasaran dengan rasanya, anda juga diijinkan untuk mencicipinya terlebih dahulu. Setiap penjual biasanya menyediakan beberapa untuk dicicipi. Untuk harga satu kemasan undur-undur krispi ini biasanya di hargai Rp 5000 - Rp 10.000 saja.
Warung - warung kecidi Pantai Glagah Indah
Setelah puas membeli aneka souvenir dan oleh-oleh, kita lanjutkan lagi perjalanan ke lokasi utama. Di lokasi utama ini anda akan disambut oleh tebing pemecah ombak yang membentang jauh ke selatan. Tebing pemecah ombak ini merupakan salah satu daya tarik serta ciri khas dari Pantai Glagah Indah. Tebing ini terbuat dari beton yang kokoh dan dilindungi oleh ratusan tetrapod yang disusun secara tidak beraturan sehingga membuat tebing tersebut terlihat menarik.
Lokasi Utama Pantai Glagah Indah
Di ujung tebing pemecah ombak ini, anda bisa melihat langsung keseruan saat ombak yang besar membenturkan diri ke tebing tersebut. Namun anda harus waspada, karena pecahan ombak tersebut biasanya melompat tidak beraturan, sehingga tak jarang para pengunjung bisa basah kuyup dibuatnya. Di sana anda juga bisa mengabadikan moment dengan berfoto di atas tetrapod yang menjadi ciri khasnya, namun tentunya anda harus berhati hati juga untuk keselamatan dan kenyamanan anda sendiri.
Pemecah ombak di pantai glagah indah
Bagi anda pencinta suasana sunset atau photograpy, lokasi pemecah ombak di Pantai Glagah Indah ini sangat cocok untuk menyalurkan hoby anda tersebut.  karena deburan ombak serta susunan tetrapod yang tidak beraturan ini juga bisa dijadikan background yang menarik saat menikmati suasana sunset.
Sunset di Pantai Glagah Indah
Selain beberapa tempat menarik yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa tempat alternative lain yang bisa anda kunjungi, salah satunya adalah di lokasi pemecah ombak di sebelah timur.  Di sana terdapat beberapa tempat menarik seperti dermaga dan pemandangan pantai glagah dari timur. Untuk menuju kesana, akses jalannya sedikit rumit, sehingga harus bertanya terlebih dahulu kepada warga sekitar sebelum menuju ke sana.
Pemecah Ombak Sebelah Timur
Untuk menuju ke Pantai Glagah Indah ini, akses jalannya cukup mudah. Anda bisa menggunakan jalan jalur lintas selatan Wates - Purworejo. Setelah anda melihat papan nama panti glagah indah, anda tinggal masuk dan menemui tempat retribusi. Untuk masuk ke kawasan wisata Pantai Glagah Indah ini, anda hanya akan di pungut biaya retribusi sebesar Rp.10.000.-/orang dan biaya parkir Rp.2000,- saja. Cukup murah bukan?

Bagaimana? Anda tertarik untuk berkunjung ke Pantai Glagah Indah? Untuk lebih jelasnya tentang Pantai Glagah Indah ini, ada baiknya kita tonton terlebih dahulu video perjalanan kami satu ini.

Nah tunggu apa lagi? Yuk saksikan sendiri keindahan Pantai Glagah Indah, Kulon Progo. Dan ceritakan kepada teman-teman tentang pengalaman anda saat berkunjung ke sana.


HAPPY VACATION GUY’S! DAN BUDAYAKAN BERWISATA RAMAH LINGKUNGAN YA!

Related Posts:

0 Response to "Serunya Deburan Ombak di Pantai Glagah Indah, Kulon Progo, Yogyakarta"

Post a Comment